Detail Artikel

2015-12-11 0 priyoheri

Inilah yang Ditunggu! 10 Trend Pemasaran Online di Tahun 2016

Seperti yang sering dibicarakan tentang bagaimana perkembangan dunia bisnis yang dibarengi dengan perkembangan dunia digital. Dengan fungsinya yang saling melengkapi, bisnis online memberikan banyak peluang besar bagi masyarakat untuk bisa membangun dan menjadi seorang pebisnis yang sukses.

Setelah melalui tahun 2015 yang penuh dengan perkembangan ini dan itu seputar bisnis online, kita sudah harus bersiap menghadapi tahun 2016 mendatang. Dengan trends baru dan strategi baru untuk mengembangkan bisnis online di tahun 2016. Bagaimana sudah siap membaca apa saja trend pemasaran online di tahun 2016? Ini dia:

1. Live streaming
Pernahkah Anda menyadari sebagai pengguna aktif sosial media, bahwa kini social media seperti Facebook, Instagram dan juga Youtube, menyediakan fitur live streaming. Bahkan baru-baru ini sangat booming di masyarakat sebuah aplikasi live streaming yaitu Periscope. Dengan adanya fitur ini, beberapa bisnis menggunakannya sebagai salah satu media yang bisa mendekatkan dengan pelanggan. Ya jelas dengan membuat semua pelanggan mudah dan langsung bisa berkomunikasi dengan pebisnis ini. Bahkan ketika Anda berada di luar ruangan dan sedang menghadiri sebuah acara, Anda bisa melakukan live streamingyang nantinya akan terhubung dengan penggemar atau pelanggan Anda.

2. Digital Assistans
Sebagai seorang pelanggan dari sebuah produk atau layanan mungkin Anda akan meminta banyak pelayanan. Mulai dari private assistans sampai digital assistans. Nah, dari sinilah banyak produk yang memfasilitasi kebutuhan ini. Seperti Google Now, Cortana, Siri dan bahkan setelah ini akan diluncurkan Facebook M. Mereka adalah asisten digital bagi para pengguna aktif mobile. Ini adalah salah satu trend yang akan semakin berkembang di tahun 2016 mendatang. Mereka berusaha benar-benar dekat dan memenuhi apapun yang dibutuhkan oleh pelanggan.

3. Social Media Ads
Iklan di media sosial memang sudah sangat besar-besaran dilakukan di tahun 2015 ini. Namun di tahun 2016, maka iklan di media sosial juga akan semakin cerdas. Dengan penargetan yang sangat spesifik, pengalaman pengguna juga turut diperhitungkan. Dan dalam rangka menjaga anggota kita di media sosial, seperti Facebook dan lainnya juga perlu memberikan pengalaman dan konten yang mampu membuat pengunjung terkesan dan bahkan mau kembali lagi.

4. Instant Stories
Di tahun mendatang media sosial akan mengambil alih platform yang digunakan untuk meningkatkan traffic di website kita. Bahkan media sosial bisa menjadi tujuan utama dari pencarian netizen. Sebab di sosial media kita bisa berbagi cerita, berbagai topik yang relevan dengan kondisi dan situasi bisnis saat ini, bahkan di sosial media juga kita menjadi lebih dekat dengan pelanggan. Ya, dengan menggunakan sosial media, kita bisa memberikan sebuah cerita atau menciptakan cerita yang relevan dengan followers kita. Sehingga mereka tertarik dan mau berbagi dengan teman-teman mereka.

5. Internet of Things
Tanpa data, marketing sebuah bisnis tidak akan ada gunanya. Kita memang harus pandai mengumpulkan dan memahami data yang kiat miliki. Kita tidak akan tahu seberapa besar data yang kita miliki ketika kita aktif dan efektif menggunakan media yang ada di internet untuk menjaring data tersebut. Sebab kini tidak ada staupun orang yang tidak menggunakan internet, memiliki akun email, sosial media sampai dengan menggunakan perangkat mobile. Sehingga peluang kita untuk mendapatkan data mereka jauh lebih besar.

6. Digital Out of Home
Jika kita mencoba untuk membuat konten iklan dalam bentuk digital, maka peluang kita untuk bisa sukses melaksanakan strategi marketing akan semakin besar. Untuk para pelaku bisnis kecil atau rumahan, di tahun 2016 mendatang penting untuk kita mencoba menggunakan iklan. Selain mengiklankan bisnis di internet atau menyebar brosur dan mengikuti seminar, kita bisa mencoba iklan di media yang lain seperti radio ataupun TV. Jika modal Anda cukup maka iklan seperti itu akan membuat bisnis Anda dikenal oleh banyak orang.

7. Customer Service
Memberikan pelayanan terbaik dan bahkan yang sangat ditunggu seperti pelayanan 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu. Jika kita memang merasa kerepotan dengan cara ini, maka kita bisa mencoba cara yang akan semakin booming di tahun 2016 yaitu dengan mengunakan balasan instan. Sehingga Anda tetap bisa melayani pelanggan kapanpun mereka membutuhkan Anda.

8. Mobile Traffic
Memiliki sebuah website yang responsif sudah menjadi suatu keharusan di tahun 2015. Sebab di tahun ini akan banyak orang yang menggunakan perangkat mobile. Sehingga membuat mereka nyaman mengakses website kita di mobile menjadi suatu kewajiban. Jika Anda memantau traffic website yang diakses melalui perangkat mobile, Anda akan menemukan jawabannya. Bahkan ketika traffic sudah tingg, Anda akan masuk ke trend pemasaran digital di tahun 2016. Anda harus mulai menyesuaikan menu dan fokus menciptakan user interface yang sempurna bagi perangkat mobile. Bahkan ada 2 hal yang perlu diperhatikan pada tahun 2016 mendatang, yaitu memastikan pelacakan sekaligus tingkat konversi pengunjung yang datang melalui perangkat mobile.

9. Custom Content
Tahukah Anda jika dalam satu detiknya saja sudah jutaan konten yang masuk ke internet dan harus disesuaikan dengan para pencari. Sehingga akan menjadi sangat relevan ketika diterima oleh netizen. Kita benar-benar harus membuat sebuah konten yang bisa sesuai dengan permintaan netizen. Sehingga ketika mereka menemukan konten kita, mereka akan senang dan antusias membacanya. Bahkan kitapun harus memperhatikan interface yang akan digunakan oleh netizen. Contohnya saja seperti saat ini ada Apple Watch yang hanya mencakup 16 karakter saja sekali tampilan. Sehingga kita harus bisa memanfaatkan 16 karakter ini untuk membuat konten yang menarik dan membuat mereka mau membuka dan membacanya sampai tuntas.

10. Geolocation
Dan yang satu lagi adalah tetap untuk mencapai relevansi dalam penargetan strategi digital marketing di tahun 2016. Yaitu menghubungkan produk dengan digital assistans dan juga lokasi mereka. Melalui aplikasi seperti Foursquare atau Facebook Check In, Anda bisa membuat sebuah penargetan untuk strategi bisnis Anda. Sehingga iklan yang Anda buat nantinya akan tetap sampai dan tepat sasaran.

(0) Comments

Leave a comment