Detail Artikel

Mengulas Secuil Sejarah Website Design

2016-09-01 0 edoyanuar

Desain web adalah istilah yang sangat luas yang mencakup berbagai keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam produksi dan pemeliharaan website di berbagai bidang desain web meliputi: Web desain grafis, desain interface, authoring, termasuk kode standar dan perangkat lunak berpemilik, pengalaman pada pengguna desain dan optimasi mesin pencari. Seringkali banyak orang bekerja dalam tim yang mencakup berbagai aspek dari proses desain, meskipun beberapa desainer akan meliputi mereka semua. Istilah Design Web ini biasanya digunakan untuk menggambarkan proses desain yang berkaitan dengan front end-(sisi client) desain website termasuk menulis mark up, tapi ini adalah wilayah abu-abu karena hal ini juga dibahas oleh pengembangan web. Web desainer diharapkan memiliki kesadaran akan kegunaan dan jika peran mereka melibatkan menciptakan mark up maka mereka juga diharapkan untuk memperoleh informasi dengan pedoman aksesibilitas web.
Sejarah (1988-2000)

Meskipun desain web memiliki sejarah yang lumayan baru, dapat dikaitkan desain grafis. Namun desain web juga dipandang sebagai sudut pandang teknologi. Hal ini telah menjadi sebagian besar dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Sulit untuk membayangkan internet tanpa grafis animasi, gaya yang berbeda dari tipografi, latar belakang dan musik.

Awal web dan desain web

Pada tahun 1989, sementara bekerja di CERN Tim Berners-Lee mengusulkan untuk membuat hypertext proyek global, yang kemudian menjadi dikenal sebagai World Wide Web. Sepanjang 1991-1993 World Wide Web lahir. Teks halaman hanya dapat dilihat dengan menggunakan browser line-mode sederhana. Pada tahun 1993 Marc Andreessen dan Eric Bina, menciptakan browser Mosaic. Pada saat itu ada beberapa browser namun mayoritas mereka adalah berbasis Unix dan secara alami teks berat. Tidak ada pendekatan terpadu untuk elemen desain grafis seperti gambar atau suara. Browser Mosaic pecah cetakan ini. W3C dibentuk pada Oktober 1994, untuk \"memimpin World Wide Web secara maksimal dengan mengembangkan protokol umum yang mempromosikan evolusi dan memastikan interoperabilitas.\"Hal ini dianjurkan untuk salah satu perusahaan dari memonopoli browser kepatutan dan bahasa pemrograman, yang bisa mengubah efek dari World Wide Web secara keseluruhan. W3C terus menetapkan standar, yang hari ini dapat dilihat dengan JavaScript. Pada tahun 1994 Andreessen dibentuk Mosaic Communications corp. Yang dikenal sebagai Netscape Communications Netscape 0.9 browser. Netscape menciptakan tag sendiri HTML tanpa berkaitan dengan proses standar tradisional. Misalnya Netscape 1.1 menyertakan tag untuk mengubah warna latar belakang dan format teks dengan tabel pada halaman web. Sepanjang 1996 hingga 1999 perang browser dimulai. Perang browser melihat Microsoft dan Netscape pertempuran itu keluar untuk dominasi browser yang tertinggi. Selama ini ada banyak teknologi baru di lapangan, terutama Cascading Style Sheets, JavaScript, dan HTML Dinamis. Pada keseluruhan kompetisi browser yang tidak mengarah pada kreasi positif yang membantu desain web berkembang dengan pesat.

(0) Comments

Leave a comment